Skip navigation

Stand up comedy adalah sebuah kegiatan di mana seseorang berdiri sambil memegang mic di hadapan orang banyak untuk membuat kelucuan. Dan, tahukah anda , ternyata di indonesia , SUC ( Stand up comedy ) ini sedang naik daun. Ada yang tahu dari negara mana asal muasal SUC ini ? Pasti tidak ada yang bisa jawab . Sebab, lawakan atau komedi yang bermonolog seperti SUC ternyata suadah lama ada di hampir semua negara , termasuk indonesia. Namun, SUC tidak terbantahkan lagi bahwa negara tempat berkembangnya adalah Amerika. Bahkan , di sana banyak yang menjadikan SUC ini sebagai profesi – bahasa kasarnya manggung dari kafe ke kafe-.
SUC America umumnya menggunakan joke observasional dan joke situasional.Joke observasional adalah joke yang berdasarkan dari hasil penelitian, sedangkan joke situasional adalah joke yang berdasarkan situasi .Menurut Raditya Dhika (salah satu comic papan atas indonesia) dan menurut saya, dua tipe joke tersebut bisa lahir akibat adanya kegelisahan atau ketidaksukaan terhadap seusatu. Umumnya , Raditya Dhika dan sejumlah comic jebolan Kompas TV menggunakan dua joke tersebut.
Contoh joke observasional oleh Raditya Dhika :
Kemarin gue nonton film horor di bioskop . Ternyata film horor di indonesia udah mirip kayak KFC (set up). Soalnya isinya hanya paha-dada-paha-dada (punch line).
Contoh joke situasional oleh Soleh Solihun :
Saya nggak ngerti ya, apa maksud dari orang yang pake sandal hotel , tapi di luar hotel ? (Set up). Apakah mereka pengen kasih tau ke kita kalo mereka itu habis berzinah di hotel ? (punch line).
Saya sudah sering menonton comic -comic lokal yang mudah beraksi lewat youtube, kompas TV , dan Metro TV. Dan memang, itulah adanya. Comic-comic mudah di indonesia banyak yang menggunakan dua joke yang juga banyak di gunakan comic Amerika itu. Tapi sayangnya, saya hanya bisa nyengir saja saat menonton mereka. Jujur, saya tidak pernah tertawa sampai terbahak-bahak -bahasa kasarnya ngakak-. Mungkin Punch line dari joke mereka hanya bisa membuat saya berpikir sambil nyengir saja. I dont know…..!
Namun, ada yang berbeda saat saya pertama kali melihat Comic senior yang bernama Cak Lontong. Di sini saya melihat dia bisa menimbulkan kelucuan tanpa adanya ketidaksukaan serta kegilisahan. Dan tentunya saya ngakak habis-habisan dibuatnya . Mungkin juga salah satu faktor yang menyebabkan dia lucu adalah cara berbicaranya yang serius ( khas motivator dan pejabat indonesia).
Contoh joke ala Cak Lontong :
Cinta tidak mengenal usia. Tetangga saya , seorang nenek berusia 72 tahun, jatuh cinta kepada seorang kakek yang berusia 81 tahun (set up). Tapi sayang, cinta mereka kandas karena tidak direstuhi oleh orang tua mereka (punch line).
Tidak hanya itu, saya juga terpikat oleh style stand up comedy yang dilakukan oleh 3 comic senior lainnya , yaitu Abdel, Setyawan Tiada Tara , dan Pakde Sus. Gila,,,,, saya merasa mereka adalah comic -comic yang tidak pernah ada garingnya.
Contoh Joke ala abdel :
Di luar situ tadi gue ngeliat intel . Tapi dia pake seragam. Intel kok pake seragam ? Gue langsung tanya dia.
Abdel : pak , bapak intel ya ?
Intel : iya .
Abdel : Kok pake seragam ?(Set up)
Intel : Lha, ini kan hari libur dek. (Punch line).

Contoh joke Setyawan Tiada tara :
Saya adalah oarang yang percaya kalo cinta itu menyatukan 2 pribadi yang berbeda. Istri saya kalo mau tidur , selalu lampunya dimatikan. Sedangkan saya, kalo mau tidur lampu harus dinyalakan . Untuk menghindari pertengkaran, kami berdua mengambil titik tengahnya (set up). Jadi , kami pasang lampu disko di kamar kami (punch line).
Intinya, guyonan para comic senior kita, cenderung tidak mengandung sindiran dan tidak menjelek -jelekkan suatu pihak. Mungkin mereka membuat suatu guyonan berdasarkan imajinasi , bukan keadaan sesungguhnya. Usust punya usut, ternyata tipe guyonan Mas Setyawan Tiada Tara dan pakde Sus adalah guyonan khas indonesia , tepatnya Jogjakarta.
Berbeda dengan comic-comic mudah yang mengadopsi cara-cara berstandup comedy orang Amerika. Mereka cenderung menjadikan kekurangan atau kejanggalan sesuatu menjadi lelucon. Tidak full imagination menurut saya. Mungkin oleh sebab itulah saya hanya bisa nyengir.
Tergantung dari anda mau pilih yang mana ? Style Stand Up Comedy ala Amerika atau style Stand Up comedy khas indonesia ?
Maaf , saya bukannya menjelek-jelekan salah satu pihak . Saya hanya ingin mengeluarkan aspirasi saya. Mudah-mudahan bisa membangun . Maju terus dunia komedy indonesia.

Keterangan :
comic : sebutan untuk orang yang berstand up comedy
Set up : Bagian awal dari sebuah joke. Umumnya tidak lucu.
Punch line : Bagian akhir dari sebuah joke , atau sesuatu yang membuat lucu joke itu.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14411429

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: